Apa Kepanjangan REMPEYEK? Nama Cemilan Jawa Timur Ini Berasal dari Singkatan Bahasa Jawa, Unik Banget!

0


WISATA HEALING
- Rempeyek ialah salah satu kemilan khas Jawa Timur yang mempunyai banyak penggemar. Siapa yang menyangka jika nyatanya nama rempeyek itu nyatanya berasal dari singkatan.


Lalu, apa kepanjangan rempeyek? Masyarakat Jawa Timur nyatanya tidak banyak yang ketahui. Pada dasarnya, kemilan yang satu ini mempunyai guna yang mirip dengan kerupuk. Kerupuk sepanjang ini diketahui selaku kemilan aksesoris santapan berat. Rempeyek juga pula demikian.


Dikutip JatimNetwork. com dari bermacam sumber, berikut ini kepanjangan rempeyek yang nyatanya ialah singkatan dari Bahasa Jawa. Untuk warga Jawa Timur, terdapat sebagian santapan yang harus memakai kemilan ini selaku pelengkapnya Umumnya santapan yang harus dilengkapi dengan kemilan ini yakni pecel.


Untuk masyarakat Jawa Timur makan pecel tanpa rempeyek ialah suatu dosa yang wajib dihindari. Istilah kemilan yang satu ini di bermacam wilayah berbeda- beda. Di Banyuwangi, kemilan ini diucap peyek. Kemilan yang satu ini dibuat dari tepung beras serta tepung terigu yang dicampurkan buat membentuk tekstur krispi.


Setelah itu ditambahkan bumbu semacam ketumbar, kunyit, serta daun jeruk. Buat isiannya umumnya memakai kacang hijau, kacang tanah, udang, rebon, hingga teri. Setelah itu seluruh komponen itu dicampur serta diberi air supaya lebih encer.


Metode memasaknya juga pula unik. rempeyek biasa dimasak di pinggiran wajan yang panas. Lumayan dengan menuangkan satu centong adonan ke pinggir wajan panas, setelah itu terbuat menyeluruh supaya pipih ataupun gepeng Bagi catatan sejarah, sesungguhnya kemilan yang satu ini berasal dari kerajaan Mataram Islam.


Tetapi entah gimana ceritanya dikala ini rempeyek malah diketahui selaku santapan khas Jawa Timur. Nama rempeyek berasal dari singkatan bumbu jiyek. Kata jiyek bermakna gepeng.


Asal usul penamaan tersebut berasal dari bumbu serta wujud rempeyek yang penuh bumbu serta berupa gepeng Dari sebutan bumbu jiyek seperti itu disingkat jadi rempeyek sampai dikala ini.Seperti itu kepanjangan rempeyek, kemilan khas Jawa Timur yang namanya berasal dari singkatan.*** 

Post a Comment

0 Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

To Top