Wajib Dicoba, Nasi Jagung Sambal Belalang di Mojokerto Bikin Nagih

0

Nasi Jagung Sambal Belalang Sumber : Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

WISATA HEALING - Bila kamu pecinta kuliner unik, kamu harus mencicipi nasi jagung sambal belalang di Mojokerto. Menu santapan sambal belalang ini terbilang lumayan populer. Rasa gurih nan pedas seperti kuliner khas pedesaan. Apalagi, untuk penikmatnya, belalang goreng dikira lezat serta memiliki protein besar.


Bisanya nasi jagung disajikan dengan bermacam lauk pauk, semacam urap sayur ataupun dadar jagung. Tetapi ini berbeda, nasi jagung ini dimakan dengan sambal belalang.Sajian kuliner belalang goreng ini jadi menu andalan di warung sambelan yang terletak di dalam rumah


Fatmawati, Dusun Suru Lor, Desa Suru, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Wanita berumur 39 tahun itu menyajikan 2 opsi sambal. Satu mengenakan ekstra daun kemangi serta satu lagi tidak. Dua- duanya disajikan ke dalam satu cobek.


Menu santapan sambal belalang ramuan Fahmawati ini banyak digandrungi oleh penikmat kuliner yang terencana tiba dari Kota/ Kabupaten Mojokerto ataupun luar wilayah. Apalagi, terdapat yang rela tiba jauh- jauh buat hanya memesan sekalian mencicipi kenikmatannya. Fahmawati menceritakan, ilham usaha masakan berbahan baku hewan serangga tersebut tanpa disengaja. Pada tahun 2014 hingga 2015 Awal mulanya dia cuma mau memasak sambel belalang buat keluarganya.


Bersamaan berjalannya waktu, banyak penikmat kuliner yang atensi serta mau menikmati olahan belalang.Aku manfaatkan jadi kesempatan bisnis. Kan dahulu banyak di mari belalang," katanya, Rabu, 11 Januari 2023.


Belalang yang digunakan merupakan belalang tipe Kayu serta Pari. Dia mendapatkan belalang dari pengepul di wilayah Probolinggo serta Madura. Dikatakannya, belalang tipe tersebut sangat banyak digemari pelanggannya.2 hari sekali tiba 50 hingga 58 kilogram( kg) nyaris 1 kwintal," tandasnya.


Metode mencernanya juga terbilang lumayan gampang. Belalang terlebih dulu dibersihkan dari kotoran di bagian badannya. Proses permbersihan belalang dimasukkan ke dalam wadah sarangan kemudian dibasuh menggunkan air mengalir. Baru setelah itu belalang siap buat digoreng dengan wajan.


Separuh kg belalang memakan waktu sepanjang 30 menit penggorengan. Belalang itu digoreng hingga nampak memerah.Bisanya penggorengan 2 kali bila belalang bertelur, cirinya badannya gendut," ucap Fahmawati.


Berakhir digoreng, proses berikutnya merupakan mecampurya dengan bumbu yang sudah diracik. Bumbu berbentuk bawang merah, bawang putih, garam, tomat, cabai rawit. Yang beda terdapat daun kemangi dimasukkan dalam minyak masih panas sehingga aroma masakan lebih khas. Sehabis itu, sambel belalang juga siap dimakan bersama nasi jagung. 


Satu jatah nasi jagung sambel belalang ini dipatok harga Rp45 ribu. Tiap hari dia penuhi pesanan belalang goreng dari para pelanggan. Dalam satu hari dia bisa menghabiskan bahan baku belalang seberat 6 hingga 10 kg. Tetapi sayang, bila kamu tiba langsung serta tiba- tiba ke rumahnya tidak dapat langsung dilayani. Karena Dia tidak mempunyai warung. Kamu wajib memesan terlebih dahalu.


Kecuali( konsumen) ingin menunggu sepanjang 2 jam. Sebab prosesnya lama," ucapnya. Tidak cuma itu, Famawati pula menerima pesanan sambelan belalang mengenakan bumbu basah dsn kering. Apalagi telah banyak pembelinya dari bermacam wilayah. Dia memasarkannya lewat media sosial serta marketplace. Biayanya Rp55 ribu per 210 gr." Kirim ke Kalimantan, Samarinda, Jakarta, Jogja malang, Surabya, Bali, Batam, Mojokerto sendiri malah lebih banyak," paparnya. Dari bisnis ini, Fahmawati sanggup meraup untung jutaan rupiah. Rata- rata perbulannya menemukan Rp 3 juta.


Post a Comment

0 Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

To Top