Khas orang Jawa budaya ruwatan di saat bulan suro

0

WISATA HEALING - Pada masyarakat Jawa, bulan Suro memiliki makna khusus dalam budaya ruwatan. Bulan Suro adalah bulan pertama dalam penanggalan Jawa dan dianggap sebagai bulan yang sakral dan berenergi tinggi. Oleh karena itu, banyak orang Jawa yang memilih melakukan ritual ruwatan atau selamatan pada bulan ini.



Ruwatan adalah sebuah upacara yang dilakukan untuk membersihkan diri dari berbagai dosa dan kesalahan, menghindari bencana, serta mendapatkan berkah dan keberuntungan di tahun yang baru. Upacara ruwatan di bulan Suro ini melibatkan persembahan makanan, sesaji, doa bersama, dan tata cara tertentu sesuai dengan kepercayaan dan tradisi masing-masing komunitas Jawa.

Masyarakat Jawa percaya bahwa dengan melaksanakan ruwatan di bulan Suro, mereka dapat memulai tahun baru dengan hati dan pikiran yang suci serta membuka jalan bagi keselamatan dan kemakmuran di masa mendatang. Hal ini menjadi bagian penting dalam mempertahankan dan menjaga kearifan lokal serta nilai-nilai budaya yang turun temurun di kalangan masyarakat Jawa.
Tags

Post a Comment

0 Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

To Top